Istighfar Dalam Sholat



 Pertanyaan:

Assww,

Bolehkah kita mengucapkan istighfar dalam sholat, jika sedang terlintas pikiran, yang menyebabkan sholat menjadi tidak khusyu?.

Wass.
ade

Jawaban:

Tidak boleh mengucapkan sesuatu yang diluar konteks bacaan sholat, meski itu istighfar atau hamdalah atau takbir. Karena itu membatalkan shalat.

Sebaliknya, gerakan diluar shalat untuk kasus tertentu dibolehkan. Seperti memberi isyarat dengan tangan agar orang tidak melintas di depannya, atau isyarat kepada tamu yang datang, atau bertepuk bagi wanita bila imam salah.

Bahkan Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk membunuh ular yang melintas meski dalam shalat.

Wallahu a‘lam bishshowab.

Rukun Shalat

Pertanyaan:

Assalamu‘alaikum,

Pak Ustadz, saya ingin tahu apakah ucapan tasbih ketika sujud dan ruku termasuk dalam rukun shalat? Ataukah hanya gerakan ruku dan sujud saja yang menjadi rukun shalat (wajib dilakukan). Saya menanyakan ini karena kadang-kadang ada imam yang shalatnya cepat sehingga kami tidak sempat mengucapkan tasbih (subhana robbial a‘laa atau subhana robbial ‘azhiem) secara sempurna 3 kali. Jika bacaan tersebut termasuk rukun, apakah kami harus mengulangi shalat kami bila hal di atas terjadi.

Wassalaam‘alaikum wr. Wb,

  ade
 
Jawaban:

Yang menjadi rukun shalat memang adalah gerakannya saja. Sedangkan bacaan pada saat ruku dan sujud adalah sunnah. Tapi ruku dan sujud ini harus disertai tuma‘ninah, artinya diam sejenak dan tetap, bukan seperti main akrobat, atau seperti orang betawi bilang ?mirip capung cebok?.

Imam Asy-Syafi‘i dalam mazhab menyebutkan bahwa bacaan untuk sujud adalah subhana robbial a‘laa dan dalam sujud adalah subhana robbial ‘azhiem secara sempurna 3 kali. Tapi ini bukan kewaiban atau ruun tapi hanya sunnah, sehingga bila tidak dikerjakan tidak membatalkan shalat.

Wallahu a‘lam bishshowab.